Rabu, 28 Juli 2010

Ular Raksasa ANACONDA

Laporan mengenai adanya Anaconda raksasa kembali mencuat setelah penampakan ular sepanjang 11 meter di daerah amerika utara yang akhirnya menimbullkan perdebatan diantara para cryptozoologists dan zoologists. normalnya, panjang Anaconda hanya mencapai 6 meter dan beratnya hanya 250 kg (jenis pyton bisa tumbuh lebih panjang dari anaconda).. Anaconda hijau,adalah ular terbesar dan terpanjang didunia yang pernah diketahui,.. tetapi masih meragukan kalau ular tersebut bisa memakan panther atau buaya,.. sampai sekarang, hampir tidak ada spesies ular didunia yang panjangnya melebihi 11 meter pernah ditangkap,.. dan Anaconda raksasa akhirnya dikategorikan dalam golongan cryptids (hewan yang belum diketahui keberadaannya).







penampakan anaconda raksasa pertama yang berhasil diabadikan berada di amerika utara, ketika penjelajah eropa pertama kali memasuki kawasan hutan di negara tersebut dan mengatakan bahwa mereka melihat ular sepanjang 18 meter. penduduk lokal juga melaporkan bahwa mereka melihat anacoda sepanjang 15 meter sampai 18 meter... menurut Wildlife Conservation Society anaconda sepanjang lebih dari 11 meter sudah sangat langka sejak abad 20,.. maka dari itu, hadiah sebesar US$50,000 pernah ditawarkan kepada siapapun yang bisa membawakan ular jenis apapun yang panjangnya minimal 9.1 meter,.. tetapi sampai saat ini,hadiah tersebut belum ada yang berhasil mendapatkannya,.. survey membuktikan,. ada 1000 ekor anaconda yang berada di brazil, dan yang terbesar yang berhasil ditangkap hanyalah sepanjang 5.2 meter


kabarnya pengukuran spesies anaconda raksasa pernah di lakukan ketika ekspedisi petroleum di kolombia,.. anaconda yang berhasil ditangkap sepanjang 11.43 meter,. tetapi hal ini pun belum bisa dibuktikan,.. seorang ilmuwan bernama Vincent Roth juga mengatakan bahwa ia pernah menembak anaconda sepanjang 10.3 meter,.. tetapi seperti halnya pernyataan2 yang lain, hal ini pun belum berhasil dibuktikan.. pernyataan luar biasa pernah datang dari seorang petualang bernama Percy Fawcett ketika melakukan ekspedisi di tahun 1906,.. Fawcet menuliskan bahwa ia penah menembak dan mengukur Anaconda sepanjang 19 meter (dari hidung hingga ekor),.. ketika pernyataan itu pertama kali dipublikasikan, Fawcet dianggap seorang pembual besar,.. akhirnya,beberapa dekade kemudian, seorang zoologist asal belgia bernama Bernard Heuvelmans memperkuat pernyataan Fawcet,.. seorang sejarawan bernama Mike Dash pernah menuliskan pernyataan bahwa sampai saat ini, masih ada Anaconda yang lebih panjang dari penemuan Fawcet (antara 30-40 meter) - beberapa saksi bahkan memperkuat pernyataan mereka dengan foto - foto... Dash juga menambahkan bahwa ada banyak monster raksasa diluar sana, tetapi mereka sudah sangat langka.


2 komentar:

  1. Saya dari kalimantan Selatan. Sekitar tahun 1987 saya duduk dikelas 6 SD, saya ikut rombongan sekolah SD TERATAI Pantai Hambawang Kalsel untuk menyaksilkan Ular Sanca atau masyarakat kami menyebutnya "Ular Sawa" sepanjang kuranglebih 6 meter. diliahat dari besarnya ular tersebut pasti mampu melumat tubuh orang dewasa bulat-bulat.
    Ular tersebut pertama ditemukan oleh pemiliknya berukuran sekitar 3 meter, kemudian setelah dipelihara sekitar 3 tahun ular tersebut berukuran sekitar 6 meter. ULAR SAWA tersebut kemudian dipamerkan keliling kalimantan, jawa dan indonesia. setahun kemudian saya dengar kabar ular tersebut mati. mungkin karena stress atau kelelahan. Sayang sekali saya tidak punya kamera untuk berfoto dg ular tersebut.
    di daerah kami ular besar seperti itu tidak terlalu aneh, karena memang banyak ular sawa besar. apalagi kalau mendengar cerita masyarakat yang sering menebang kayu-kayu besar dihutan/ rimba kalimantan, sering sekali bertemu dengan ular-ular sawa yang jauh lebih besar dari itu. semoga suatu saat aku bisa bertemu lagi dengan ular sawa besar dihutan ku, rimba kalimantan.

    BalasHapus